Seputar Organ Intim Wanita

Vagina merupakan saluran yang tipis, berotot dengan rugae yang sebagian kolaps, dengan panjang 8-10 cm dan diameter sekitar 4 cm. Saluran ini memanjang dari himen pada celah urogenital ke arah serviks dan membelok ke atas dan posterior dari vulva. Sistem reproduksi wanita terbagi menjadi 2 bagian, yakni organ kelamin dalam dan organ kelamin luar yang masing Рmasing memiliki fungsi. Organ kelamin luar berfungsi sebagai jalan masuk sperma ke dalam tubuh wanita dan organ kelamin dalam berfungsi sebagai pelindung organ kelamin dalam dari berbagai organisme penyebab infeksi.

Penyebab infeksi dapat masuk ke dalam vagina dalam kelamin wanita. Saluran kelamin wanita memiliki lubang yang berhubungan dengan dunia luar, sehingga mikroorganisme penyebab penyakit bisa masuk dan menyebabkan infeksi kandungan. Organ kelamin dalam membentuk sebuah jalur ( saluran kelamin ), yang terdiri dari :

  1. Ovarium ( indung telur ), menghasilkan sel telur.
  2. Tuba falopii ( ovidak ) tempat berlangsungnya pembuahan
  3. Rahim ( uterus ), tempat berkembangnya embrio menjadi janin
  4. Vagina, merupakan jalan lahir

Gambar bentuk organ wanita dan bagian-bagiannya

a. Organ Kelamin Luar

Organ kelamin luar ( Vulva ) dibatasi oleh labium mayor (sama dengan skrotum pada pria). Labium mayor terdiri dari kelenjar keringat dan kelenjar sebasea  (penghasil minyak), setelah puber, labium mayor akan ditumbuhi rambut. Labium minor terletak tepat di sebelah dalam dari labium mayor mengelilingi lubang vagina dan uretra. Uretra terletak di depan vagina dan merupakan lubang tempat keluarnya air kemih dari kandung kemih. Klitoris dibungkus oleh sebuah lipatan kulit yang disebut preputium ( sama dengan kulit depan pada ujung penis pria ). Klitoris sangat sensitif terhadap rangsangan dan bisa mengalami ereksi. Labium mayor kiri dan kanan bertemu di vagina belakang membentuk perineum, yang merupakan suatu jaringan fibromuskuler diantara vagina dan anus. Lubang vagina dikelilingi oleh himen ( selaput dara ) kekuatan himen pada setiap wanita bevariasi, karena itu pada saat pertama kali melakukan hubungan seksual, himen bisa robek atau bisa juga tidak.

b. Organ Kelamin Dalam

Pada wanita dewasa, rongga vagina memiliki panjang sekitar 7,6-10 cm. Selama masa reproduktif, lapisan lendir vagina memiliki permukaan yang berkerut-kerut. Sebelum pubertas dan sesudah menopause, lapisan lendir menjadi licin. Rahim merupakan suatu organ yang berbentuk seperti buah pir dan terletak di puncak vagina. Rahim terletak di belakang kandung kemih dan di depan rektum, dan diikat oleh 6 ligamen. Rahim terbagi menjadi 2 bagian, yaitu serviks dan korpus ( badan rahim ). Serviks merupakan uterus bagian bawah yang membuka ke arah vagina. Korpus biasanya bengkok ke arah depan.

Lapisan dalam dari korpus disebut endometrium. Setiap bulan setelah siklus menstruasi, endometrium akan menebal. Jika tidak terjadi kehamilan, maka endometrium akan dilepaskan dan terjadilah pendarahan. Ini yang disebut dengan siklus menstruasi. Kemudian tuba falopi yang membentang sepanjang 5-7,6 cm dari tepi atas rahim ke arah ovarium. Ujung dari tuba kiri dan kanan membentuk corong sehingga memiliki lubang yang lebih besar agar sel telur jatuh ke dalamnya ketika dilepaskan dari ovarium. Ovarium tidak menempel pada tuba falopi dengan bantuan bantuan sebuah ligamen. Sel telur bergerak di sepanjang tuba falopii dengan bantuan silia ( rambut getar ) dan otot pada dinding tuba.

Para wanita diberi beberapa tips sederhana untuk menjaga kebersihan vagina. Pembersihan vagina penting sekali. Dianjurkan para wanita banyak minum yoghurt. Yoghurt sangat bermanfaat baikm untuk menjaga kebersihan vagina. Minum yoghurt segar dan secara teratur juga dapat menetralisir efek-efek saqmpingan dari makanan.


=====================================

>>> Gunakan Majakani Extract Intimate Hygiene Dr.Boyke Untuk Pembersih Vagina (Daerah Kewanitaan) dari Keputihan, Bau Tidak Sedap, Gatal-gatal, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Organ Intim Wanita and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>